CALL CENTER 24 JAM : +62 821 400 78097

Pura Goa Lawah

Liburan akhir tahun maupun tahun baru menjadi sebuah momen yang sangat bahagia, dimana kita bisa menikmati libur panjang berkunjung ke berbagai tempat objek wisata alam yang berada di Bali. Karena bali merupakan salah satu lokasi yang paling banyak tempat rekreasi liburan keluarga maupun acara kantor di seluruh Indonesia. Lalu, wisata apa yang paling cocok untuk liburan akhir tahun atau tahun baru di Bali? Anda bisa berkunjung ke beragam tempat wisata yang di tawarkan oleh Travel Agen Bali, salah satunya adalah pura goa lawah. Penasaran? Yuk, simak pembahasan pura goa walah: sejarah, daya tarik dan harga tiket masuk 2024 yang menjadi rekomendasi terbaik.

Pura Goa Lawah
@baeji888_

Pura Goa Lawah

Pura goa lawah merupakan salah satu pura paling terkenal di bali yang kini menjadi destinasi wisata alam kawasan klungkung, bali. Pura goa tersebut saat ini menjadi pembicaraan hangat dimata para traveling karena keindahan alam yang sangat menarik. Hal ini tentu tak heran apabila pura goa yang ada di klungkung ini sudah menjadi sebuah tempat destinasi paling favorit. Banyak sekali parawisatawan yang telah berkunjung ke tempat wisata pura goa klungkung baik lokal maupun mancanegara sebagai lokasi liburan keluarga yang bisa menikmati panorama alam begitu indah, sejuk dan udaranya lebih segar.

Bali memiliki banyak pura yang menjadi primadona. Ada 6 pura di bali paling terkenal dan hits di tahun 2022 yang sering dikunjungi oleh parawisatan, diantaranya pura goa walah, pura uluwatu, pura lempuyang, pura batukaru, pura andakasa dan pura seleyukti. Lokasi pura tersebut memang ada yang jauh maupun dekat dari kota Denpasar, sehingga parawisatawan dapat melewati jalur kota dan desa yang penuh dengan hamparan sawah lebih luas dan asri.

Alexandmirco
@alexandmirco

Baca Juga: Daya Tarik Wisata Tari Kecak Uluwatu Kuta Bali

Sejarah Pura Goa Lawah

Asal usul mula sejarah pura goa lawah masih belum banyak ditemukan dengan jelas. Tetapi, menurut beragam sumber menyatakan bahwa pura goa ini dibangun pada abad ke sebelah atas dasar dari Mpu Kuturan. Siapa nama tersebut? Ini merupakan salah satu seorang pendeta Agama Hindu di bali yang menyebarkan Agama di pulau dewata. Pura goa satu ini lebih dikenal atau sering disebut sad khayangan jagat. Hal ini pura goa tersebut sampai sekarang masih tetap berdiri kokoh dan dirawat dengan baik, sehingga terlihat sangat bersih dan menakjubkan.

Adapun, sumber lain menginformasi bahwa penganut agama hindu akan sembahyang kepada dewa maheswara di pura goa lawah. Nama goa lawah berasal dari dua kata yaitu goa dan lawah. Dalam bahasa bali, lawah artinya kelalawar. Arti secara menyeluruh yang berarti sebuah pura goa yang penuh banyak ribuan kelalawar.

Daya Tarik Pura Goa Lawah

Berikut ini, daya tarik pura goa lawah yang menjadi keunikan dapat disuguhkan bagi parawisatawan ketika akan mengunjunginya, yaitu:

Banyaknya Kelalawar Yang Keluar

Daya tarik pura goa lawah yang paling pertama semua parawisatawan temukan adalah dapat melihat banyaknya kelalawar yang keluar dari dalam goa pada saat sore hari. Pengunjung tentu dapat menikmati keindahan ribuan kelalawar yang bertebrangan, sehingga membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Selain itu juga, Anda akan melihat masyarakat bali yang sedang sembahyang di pura goa tersebut yang penuh dengan kekhusuan. Kemudian, terdengar suara kelalawar yang berdecit seakan-akan menjadi suasana alam terasa lebih hidup yang sempurna dan kalian tidak perlu mengusik hewan tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa ukuran pura yang sangat unik dan khas sebagai tempat pemujaan bagi agama hindu yang dijadikan sebagai tempat suci tidak boleh orang sembarangan. Disamping itu, semua pengunjung harus menjaga kebersihan tidak boleh membuat sampah sembarangan. Begitu juga dengan adab tentu harus dijaga jangan melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan atau mengganggu orang yag sedang sembahyang di tempat tersebut.

Pura Goa Lawah
@lasrutasdebegona

Bangunan Pura Sangat Eksotis

Ukiran batu bangunan pura sangat eksotis memiliki ciri khas arsitek bali menjadi sebuah daya tarik pura goa lawah yang akan disuguhkan bagi para pengunjung ketika berada didalam area tersebut. Dimana, adanya sebuah pura yang merupakan sebagai tempat pemujaan bagi umat hindu dibuat dengan warna khitam khas bebatuan lapuk tampak yang memiliki nilai tak terhingga akan terlihat semakin menarik dan lebih menakjubkan.

Para pengunjung bisa melihat pemandangan wisata pura goa tersebut, namun harus ingat jangan sekali-kali berkata atau menyimpan sampah sembarangan dimana saja. Karena pura goa merupakan tempat suci yang dijadikan untuk lokasi sembahyang bagi umat hindu kepada dewa maheswara. Kain warna putih dan kuning membalut pada bebatuan yang menghiasi sebuah pura dan ditambahkan wewangian serta sejaji berbagai macam warna hingga dupa sebagai kelengkapan pemandangan suasana alam di pura goa tersebut. Hal ini para pengunjung harus menghormati hal tersebut.

Dekat Sebuah Pantai

Adapun, daya tarik pura goa lawah berikutnya yang bisa didapatkan adalah lokasinya dekat sebuah pantai yang bisa menempuh dengan jarak sekitar 400 meter. Nama pantai ini hampir sama yaitu pantai goa lawah yang memiliki keunikan tersendiri seperti pasir berwana hitam yang terlihat sangat menarik dengan ombak lebih tenang dan airnya sangat jernih. Oleh karena itu, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata pantai bali ini sambil menikmati panorama alam di sore hari dengan keindahan sunset yang sangat eksotis.

Pantai goa lawah ini sering didatangi oleh masyarakat setempat untuk mengadakan upacara melasti yang bertujuan sebagai penyucian laut. Maka dari itu, pantai goa tentu ada hubungannya dengan pura yang menjadi kepercayaan bagi umat hindu untuk memuja bhatara tengahing yang menjadi dewa laut. Pengunjung yang berasal dari bali selatan tentu bisa berkunjung ke wisata pantai goa lawah dengan jarak tempuh kurang lebih setengah jam. Sehingga Anda dapat menikmati liburan di kedua lokasi wisata tersebut.

Aroha
@aroha_77

Fasilitas Pura Goa Lawah

Setiap objek wisata alam memang selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pasalnya, fasilitas itu sangat penting untuk kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini, fasilitas pura , diantaranya:

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Kain kamen bali
  • Gazebo
  • Toko Souvenir
  • Warung makanan dan minuman
  • Dll

Harga Tiket Masuk Pura Goa Lawah

Bagi Anda yang mau merencanakan liburan ke pura goa di bali, kalian harus mempersiapkan uangnya dari sekarang. Petugas pengelola wisata ini masih asli dari warga setempat yang selalu melayani wisatawan dengan ramah. Berikut ini, harga tiket masuk pura , yaitu:

Anak : Rp. 15.000,00/orang

Dewasa: Rp. 20.000,00/orang

Jam Buka Pura Goa Lawah

Adapun jam operasional wisata wisata pura goa bali memang hampir sama dengan tempat wisata lainnya, yaitu jam buka pura goa lawah:

Buka setiap hari, pukul : 07.00 – 19.00 WITA

Untuk merasakan suasana udara didalam area pura yang sangat menakjubkan, sebaiknya kalian datang pada sore hari, supaya kalian tidak akan ketinggalan dengan suasana alamnya.

Alamat, Lokasi Pura Goa Lawah

Alamat, lokasi pura goa lawah berada di kawasan jalan raya goa lawah Desa. Pesinggahan Kecamatan. Dawan Kabupaten. Klungkung, Bali.

Rute Menuju Pura Goa Lawah

Sedangkan, rute menuju pura ini klungkung, bali dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, silahkan kalian lihat peta dibawah ini.

Jadi, itulah pembahasan pura goa walah: sejarah, daya tarik dan harga tiket masuk dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

AlamatCFX9+9GG, Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761
Mapshttps://goo.gl/maps/U7iHiBjjp7vReXQ56
Telpon

Baca Selanjutnya: Alas Harum Ubud Bali, Objek Wisata Alam Paling Hits

Pertanyaan yang sering Diajukan?

Siapa Dewa yang dipuja di Pura Goa Lawah?

Dewa yang dipuja di Pura Goa lawah adalah Dewa Maheswara

Goa Lawah tembus dimana?

Katanya goa lawah tembus di goa raja kawasan besakih gunung agung

Update
May 4, 2024
Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *