CALL CENTER 24 JAM : +62 821 400 78097

Air Terjun Sendang Gile di Kaki Gunung Rinjani Lombok

Pulau Lombok dianugerahi dengan panorama alam indah yang melimpah, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi liburan. Salah satunya wisata Air Terjun Sendang Gile yang berada di kaki Gunung Rinjani, yakni gunung tertinggi yang ada di pulau tersebut. Seperti apa pesona air terjun yang ada di kaki gunung tertinggi ini ? Yuk cari tahu.

Daya Tarik Air Terjun Sendang Gile

Pemandangan Indah dengan Udara Sejuk

Jika anda mencari objek wisata yang masih alami di Lombok, air terjun yang terletak di lereng Gunung Rinjani ini merupakan pilihan tepat. Karena Sendang Gile mempunyai pemandangan alam yang begitu indah dan menyegarkan. Sejauh mata memandang anda akan menemukan pemandangan hijau royo royo yang membuat perasaan jadi nyaman.

Apalagi letaknya yang ada di area gunung membuat udara di sekitar terasa amat sejuk. Bahkan semua suasana luar biasa menenangkan ini sudah bisa anda rasakan saat berada di gerbang utama pendakian. Semakin dekat dengan lokasi air terjunnya, gemericik air terjun seolah melengkapi suasana tersebut dan membuatnya terasa makin sempurna.

Air Terjun Sendang Gile
@firman_perempatan

Air Terjun yang Begitu Jernih dan Segar

Selain pemandangan sekitar yang menyegarkan mata, aliran air yang dimiliki oleh Sendang Gile sendiri merupakan panorama yang sangat memanjakan indera penglihatan. Bagaimana tidak, Air Terjun Sendang Gile yang mempunyai ketinggian total sekitar 31 meter ini punya aliran air yang begitu jernih dan terasa sangat segar ketika menyentuh kulit.

Air terjunnya sendiri terdiri dari dua tingkat, dengan tingkat pertama yang berada di atas tebing dan langsung jatuh ke sebuah kolam. Dari kolam yang berisikan aliran air terjun pertama ini kemudian mengalir kembali ke bawah sebagai tingkatan kedua. Dan di sekitar kolam tingkatan kedua tersebut ada banyak batu besar yang bisa diduduki untuk menikmati aliran airnya.

Baca juga !

Paket Tour ke Lombok harga murah.

Dekat dengan Air Terjun Tiu Kelep

Apabila anda berkunjung ke destinasi ini, anda tidak hanya dapat menikmati satu air terjun saja. Sebab Sendang Gile berada tidak jauh dari Air Terjun Tiu Kelep, yang sama sama berlokasi di lereng Gunung Rinjani. Bahkan keduanya berasal dari satu aliran mata air yang sama, jadi jangan heran apabila air di Tiu Kelep pun sangat jernih dan segar.

Tiu Kelep sendiri punya ketinggian sekitar 45 meter dengan debit air yang cukup besar dan deras. Jadi sebaiknya anda berhati hati apabila ingin menjangkau air terjun tersebut. Tapi bebatuan yang ada di sekitar kolam Air Terjun Tiu Kelep cenderung lebih kecil dari Air Terjun Sendang Gile. Untuk menuju ke sini, anda dapat berjalan kurang lebih 45 menit dari air terjun pertama.

Air Terjun Sendang Gile
@pinoy_wanderlust

Mitos Air Terjun

Ada sebuah mitos mengenai Sendang Gile yang hidup di tengah tengah masyarakat sekitar. Setelah mendengar mitos ini, biasanya para wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung dan mencobanya. Adapun mitos yang dimaksud yaitu konon air terjun tersebut mempunyai unsur magis.

Barangsiapa yang membasuh wajahnya menggunakan aliran air terjun, maka akan tampak lebih muda dari usia aslinya. Tidak heran apabila banyak pengunjung yang mempraktikkannya setiba di air terjun. Kalaupun tidak percaya dengan mitos ini, membasuh wajah dengan aliran air yang jernih dan segar pastinya tetap menyenangkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Sendang Gile

Trekking Sambil Menikmati Pemandangan Sekitar

Trekking menjadi aktivitas utama yang akan anda lakukan saat berkunjung ke air terjun yang terletak di lereng Gunung Rinjani ini. Bahkan mau tidak mau anda harus berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun, sebab kendaraan hanya dapat digunakan sampai pintu gerbang pendakian saja.

Namun tidak perlu khawatir akan merasa bosan selama trekking. Sebab anda akan ditemani pemandangan sekitar yang sangat indah dengan angin semilir yang sesekali menerpa wajah. Dan selama perjalanan menuju air terjun, anda akan menemukan beberapa tumbuhan seperti pohon sentul, pohon ipil, pohon bajur, dan juga pohon jati. Yang mana waktu trekking ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Air Terjun Sendang Gile
@agussanjaya_mp

Bermain Air

Air Terjun Sendang Gile mempunyai aliran air yang sangat jernih dan segar, jadi wajar saja apabila semua orang tergoda untuk segera bermain di dalamnya sesampainya di area air terjun. Karena kolam yang tercipta di bawah air terjun tidak begitu dalam, maka anda pun bisa bebas bermain air di sana.

Selain itu di sekitar kolam juga terdapat banyak batu besar, sehingga anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat duduk sambil merendam kaki menikmati kesegaran air. Namun sebaiknya hati hati, karena batu batu ini cukup licin lantaran terkena cipratan air terjun yang mengalir dari atas.

Setelah puas bermain di Sendang Gile, anda pun bisa meneruskan trekking menuju Air Terjun Tiu Kelep yang tidak kalah indah. Jaraknya memang lumayan jauh dan cukup menguras tenaga, karena anda harus berjalan kurang lebih 45 menit. Apalagi untuk sampai ke lokasi air terjun kedua ini anda harus menyeberangi sungai dangkal dan melewati tangga curam.

Meskipun begitu, semua lelah akan langsung terbayar setibanya di Air Terjun Tiu Kelep. Karena pemandangan yang ditawarkan di sini pastinya akan membuat anda terpikat. Suasana di sekitar masih begitu indah, adem, dan juga asri. Dimana ada banyak pohon besar tumbuh di tebingnya, yang membuat suasana siang hari pun tidak terasa terik.

Baca Juga !

Paket Tour Lombok

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile beralamatkan di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya berada di lereng Gunung Rinjani, sehingga anda bisa mengambil rute menuju gunung tertinggi di Pulau Lombok tersebut apabila ingin berkunjung ke air terjun. Bahkan Sendang Gile merupakan akses menuju puncak Rinjani.

Perjalanan dari arah Kota Mataram berjarak sekitar 60 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan apabila menggunakan kendaraan bermotor. Jika memanfaatkan transportasi umum, anda hanya bisa menjangkau sampai daerah Bayan. Kemudian dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke Senaru.

AlamatAir Terjun Sendang Gile, Senaru, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354
Mapshttps://goo.gl/maps/NTAudjoZpe9zZgRn9
Telpon
Air Terjun Sendang Gile
@ocha_nugraha

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Sendang Gile

Karena merupakan objek wisata alam, Sendang Gile buka sepanjang hari atau 24 jam. Meski begitu, sebaiknya anda datang di antara pukul 9 pagi sampai jam 3 sore. Karena pada jam jam tersebut cuacanya sedang bagus dan fasilitas wisata sudah tersedia dan beroperasi. Dan untuk masuk ke area air terjun anda harus membayar tiket masuk sebesar kurang lebih Rp. 10.000 per orang.

Adapun fasilitas wisata yang disediakan di Air Terjun Sendang Gile antara lain akses jalan setapak, gazebo dan tempat duduk, lokasi parkir kendaraan di kaki Gunung Rinjani, serta toilet dan warung wisata yang berlokasi dekat parkir kendaraan. Beberapa fasilitas ini umumnya hanya beroperasi dari pagi sampai sore.

Bagi anda yang suka melakukan pendakian, Sendang Gile yang berada di lereng Gunung Rinjani merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Apalagi objek wisata ini masih begitu alami dan terjaga kebersihannya. Tentunya akan menjadi pengalaman berharga yang tidak terlupakan, khususnya bagi anda yang saat ini tinggal di kota.

Reikha Jouliani
Reikha Jouliani
Fulltime penulis cerita indah liburan bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *